Jumat, 07 Juni 2013

MENGHADAPI PANAS? SIAPA TAKUT


*Liat kalender
Bulan ini masuk musim panas, itu kalau di Jepang. How about Bali? Kita memang tidak mengenal musim panas tapi yang namanya panas itu sahabat setia kita. Terutama daerah yang punya banyak pantai.
Tempat saya anyut sekarang ini salah satunya. Kota Singaraja di Bali. Sebagai kota pendidikan, tentu orang-orang seperti saya  adalah penghuni setia kota panas ini. *sudah di deportasi dari kampung, ckckckck
Tak ada musim panas kemarau pun jadi.
Ini yang terjadi sekarang di Indonesia. Yang namanya kemarau dan musim panas ya sama-sama panas. Sebagai orang yang asalnya daerah pegunungan, tinggal di tempat yang panas tentu merepotkan.
Gimana enggak, tiap masuk kamar kipas angin harus nyala atau mandi keringat jadi pilihan utama. Ayo pilih mana?
Tapi yang namanya anak kost, pasti kebentur biaya, apalagi kipas angin nya kecil kayak upil, gak kalah kecilnya ama kipas angin yang dipakai kipas-kipas sate. Oaaaaaaaahhhhhhh..... bener-bener neraka.
Nah, posting ini bakal share tips menghadapi panas yang mendarah daging di suatu wilayah:

1. Cerdaslah!
*panas bawaannya emosi disuruh cerdas
Makasudnya, cerdaslah dalam memilih kostum panggung *loh? Pakain yang digunakan. That’s the meaning. Sudah tahu suhu panas, bisalah jangan pakai celana panjang + jaket. Emang mau kemah. Kalau di dalam ruangan karena tidak ada yang lihat, pakain bisa diminimalisir. Hehehehehehe.... Bukan maksud gak pakai baju ya. Pilih baju dengan potongan yang mendukung angin masuk. Yah baju seksi lah *ngerti kan? Orang sini bilangnya sih UCanSe. Sedangkan jika keluar rumah gunakan pakaian yang bisa menyerap keringat seperti bahan dari cotton dan kemeja biasanya dari bahan drill. Hati-hati juga dengan terik matahari yang menyengat, bagi yang sayang kulit sinar matahari langsung bisa merusak keindahan kulit kalian. Jadi pandai-pandai lah memilih pakaian, tidak panas tapi adem *yah begitulah

2. Minumlah!
Pastikan musim kemarau di daerah anda tidak berati kering air. Kalau air saat kemarau memprihatinkan.... Saya juga... Hanya bisa turut prihatin saja. Buat yang airnya melimpah, daripada ngemut es batu, mending minum air putih biasa. Tahu kenapa? Begini ceritanya. Berdaarkan info dari page tetangga ada bahaya dari sering mengkonsumsi es batu. Misalnya jika es batu yang dikonsumsi belum dimasak sebelumnya, dipastikan ada bakteri-bakteri yang sedang tidur nyenyak di dalamnya, kebayang jika meleleh di mulut. Woahhhhh..... Kayak lagu Shinchan di musim sang beruang tidur, kalau bangun bahaya kita, itu ibarat bakteri yang ada pada es batu tidak sehat ini. Selain itu yang doyan ngunyah es batu *menganggap es batu dan kerupuk adalah teman sebaya* harus waspada juga, ada informasi mengunyah es batu bisa menyebabkan anemia juga dapat merusak gigi. Walaupun air biasa sensasi dinginnya tidak semaksimal es batu, tapi lumayan untuk menghilangkan haus. Toh air putih itu sehat untuk tubuh, asal dimasak dulu, jangan asal seruput. Satu lagi jangan sering minum yang rasa-rsa dan berwarna. Kadang-kadang tidak masalah, tapi kalau minumnya sama seperti jadwal minum obat 3 x sehari itu yang bahaya, karena siapa yang jamin minuman menarik itu sehat walafiat.

3. Mengambanglah!
Maksudnya, jika ada waktu luag, luangkan juga diri kalian untuk menceburkan diri ke air. Contohnya bathtub, kolam renang, sungai, kali, pantai, air terjun, dan kawan-kawannya. Asal bukan menceburkan diri dengan paksa ke dalam ember cucian apalagi baskom buat cuci beras. Apa yang bisa ngambang coba? Baru masuk air udah meluap. Kalaupun mau berenag  di alam bebas, kayak sungai, kali, pantai, dan sebagainya keselamatan harus diperhatikan, tapi yang paling penting tinjau dulu lokasi tempat kalian akan mengambang ria, pastikan tidak ada benda-benda asing yang turut mengambang. Ayo apa??? Kalau kalau boleh saran, lebih terasa segar jika berenang di alam terbuka, ingat keselamatan yang utama. Jika tidak bisa berenang jangan malu gunakan ban pelampung, tidak punya? ambil aja ban dalem motor atau truk terdekat. *Kriminal>> jangan ditiru

4. Tidurlah dengan bijak!
Biasanya kalau panas untuk tidur nyenyak aja susah apalagi dengan bijak...
Dengan bijak disini makasudnya, pilih lah lokasi tidur yang nyaman, walaupun panas tidur tetap 7-8 jam *kekekekeke
Bisalah, tidur di emperan toko lumayan angin malam, atau tidur di kolong jembata sambil liat bulan. (sepertinya ini kebiasaan seseorang)
Lupakan yang diatas, kalau gak tahan sama panas, apalagi waktu mau tidur kipas angin atau AC gak berfungsi, bisa kok guling-guling di lantai. Siapa bilang tidur di lantai itu gak baik. Itu gak baik kalau tidurnya di lantai paku  *emang debus.
Ternyata ada beberapa manfaat tidur di lantai, walaupun ada juga dampak negatifnya. Tapi kalau kadang-kadang sepertinya bukan masalah. Ini manfaat tidur di lantai seperti mengatasi sakit pinggang, mengatasi susah tidur, dan memperbaiki postur tubuh.

Itulah beberapa tips menghadapi panas di musim kemarau ini *untuk Indonesia, dan musim panas *untuk di Jepang.
Wanna try???
Kalau saya menghadapi panas biasanya melakukan ini
Berhubung saya tidak doyan berenang di pantai, saya lebih suka menceburkan orang di pantai. BANZAI!!!!
*dont try this at home>> karena rumah sensasi nya beda dengan pantai




Referensi:
http://jocsoedistro.wordpress.com/artikel-kreatif/jenis-jenis-bahan-kain/
http://female.kompas.com/read/2010/06/24/17165577/mengunyah.es.batu.asyik.tapi.bahaya
http://catatan-harian-fathan.blogspot.com/2012/10/beberapa-manfaat-tidur-di-lantai.html
^oo^

8 komentar:

  1. Tips yang bagus^^
    Apalagi yang terakhir, boleh donk ikut nyeburin yah? :D

    BalasHapus
  2. hahaha lucu...infonya menarik.
    Yang nyeburin jangan di tiru ya....:D

    BalasHapus
  3. Heeei..nyebur nya bareng bareng dong :p

    BalasHapus
  4. Aku mau nunggu km nyebur aja kok cil..kalo udah mau nyebur inget aja bilang aku dulu

    BalasHapus
  5. Yang terahir perlu to diterapkan.. (^◇^)

    BalasHapus
  6. Kalo musim panas mandinya 3 kali sehari boleh ngga ya :D itu cara yg ampuh mengademkan diri :)

    BalasHapus
  7. sayangnya ga ada kolam yang muat buat aku go-pyon... nyehehehe :3

    BalasHapus