Halaman

Senin, 10 Juni 2013

MENGENAL NATSU (MUSIM PANAS) DI JEPANG



Saya akan membagi sedikit informasi tentang musim panas di Jepang yang disebut Natsu. Walaupun saya belum pernah merasakan musim panas di Jepang, saya harap informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian yang tertarik akan Jepang. Informasi yang saya tulis adalah hasil saya membaca , menonton, dan bertanya pada beberapa orang Jepang yang saya kenal.


1. Waktu
Sebenarnya Natsu dalam setahun jika menurut hitung-hitungan jari tangan dan jari kaki saya (12 jari) setelah dibagi 4 (ada 4 musim di Jepang), maka Natsu berlangsung selama 3 bulan. Dimulai dari bulan Juni dan berakhir pada Agustus. Tapi pada bulan Juni biasanya akan turun hujan yang disebut tsuyu, tapi pada pertengahan Juni udara panas mulai terasa.

2. Suasana
夏の 時は 晴れです。
Di jepang saat musim panas tentulah cerah dan siang hari terasa panjang pada musim ini. Walaupun sudah pukul 7 malam hari belum gelap *lumayan numpang jemur baju*. Nah pada saat inilah anak-anak bisa bermain dalam waktu yang lama, tanpa takut gelap. Tapi panas saat musim ini lumayan menyengat suhu bisa mencapai 30-35 derajad. Berbeda halnya dengan Hokkaidou, suasana disana bisa dikatakan あたたかい(hangat) saat Natsu. Karena pada dasarnya salah satu distrik di Jepang tersebut bersuhu dingin.
Natsu di Tokyo biasanya akan diramaikan dengan munculnya kios-kios bunga yang menjual bunga khas musim panas yaitu asagao. Selain itu juga ada buah hozuki (ceri berwarna jingga kemerahan).

3. Matsuri
Ini yang paling ditunggu-tunggu oleh orang Jepang. Sebenarnya masuk musim panas pun sudah menjadi hal yang paling dinanti terutama siswa sekolahan. Karena inilah saat  夏休み (libur musim panas) dimulai. Libur musim panas di Jepang merupakan libur panjang bagi pelajar dimulai dari 22 Juli hingga 31 Agustus. Tapi dari beberapa film yang saya tonton, saat musim panas tidak jarang siswa mengikuti kelas musim panas untuk memperbaiki nilai sekolah mereka *benar-benar memanfaatkan waktu*.
Berikut beberapa祭り (festival)  yang ada saat musim panas di Jepang:
a. Tanabata 「七夕」
Berlangsung pada tanggal 7 Juli hanya saja upacaranya malam hari pada tanggal 6 Juli. Dikenal dengan festival Bintang. Biasanya festival tanabta yang berlangsung di Sendai dan Hokkaidou dirayakan sebulan lebih lambat yaitu pada tanggal 8 Agustus. Yang menjadi daya tarik bagi saya saat festival ini adalah adanya pohon bambu untuk menggantungkan harapan. Sering saya jumapai di Bunkasai yang diadakan di beberapa universitas di Indonesia. Pada tanggal 6 malam atau tanggal 7 pagi di bulan Juli permohonan di tulis pada tanzaku atau secarik kertas berwarna-warni. Kemudian kertas itu digantungkan di ranting daun bambu, maka sering disebut pohon harapan. Biasanya di puncak acara pohon harapan akan dihanyutkan ke laut.
b. Obon
Berlangsung pada tanggal 15 Juli. Pada saat festival ini, biasanya orang-orang menyambut kedatangan arwah leluhur mereka yang telah tiada dengan membacakan sutra oleh pendeta Buddha. Tapi yang menarik saat festival ini adalah bon odori, yaitu menari bersama. Dulu tradisi dari festival ini sangat terasa, namun seiring zaman sudah sedikit berkurang. Festival ini tidak hanya dilakukan di sekitar kuil saja.
c. Hanabi
Sepertinya ini festival yang paling menarik. Jika di Indonesia, hanabi atau kembang api paling meriah saat pergantian tahun, kalau di Jepang hanabi menjadi tanda pergantian musim. Berlangsung di bulan Juli. Hanabi yang paling terkenal ada di Sumidagawa. Menurut informasi yang saya dapat dari Sensei Jepang saya, untuk menonton hanabi tidak dipungut biaya, namun beberpa stasiun TV yang ingin mengadakan saran langsung harus membayar, dan saya rasa tidak murah untuk itu. Karena hanabi bukan acara kembang api biasa, sekitar 20ribu kembang api dinyalakan, berlangsung hingga 1 jam. 

Sebenarnya ada beberapa festival lain lagi, tapi saya hanya menulis apa yang saya pernah baca saja dan menurut saya yang menarik.
4. Yang unik saat Natsu
Ada beberapa hal unik yang saya temukan di anime dan dorama Jepang yang pernah saya tonton mengenai musim panas. Salah satunya ada di anime “KIMI TO BOKU”. Jika tidak salah ada di ep. 6 Season 1, seperti yang kita tahu saat musim panas buah yang paling segar dikonsumsi adalah semangka karena kandungan airnya yang banyak. Tapi ada hal aneh yang saya tangkap di anime itu, mereka mengkonsumsinya dengam membubuhi garam. Setelah saya bertanya kepada kenalan Jepang di jejaring sosial, ada alasan mengapa semangka dibubuhi garam. Ternyata untuk menambah rasa manisnya. Memang aneh, tapi inilah yang disebut dengan kakushiaji yang berarti rasa yang tersembunyi. *Cobalah
Hal unik lainnya saya tangkap di dorama “NIHONJIN SHIRANAI NIHONGO”, sebenarnya ini merupakan pertanyaan pelajar asing yang ada pada dorama tersebut. Mereka bertanya mengapa saat musim panas, sebagian besar stasiun TV di Jepang menayangkan film bergenre Horror. Katanya untuk mendinginkan suasana. Awalnya saya tidak mengerti, tapi jika ditelaah lebih jauh saya kira itu benar. Saat kita menonton film horror, kita akan ketakutan, tiba-tiba bulu kuduk merinding, otomatis suhu menjadi dingin.
Menurut informasi yang saya dapat dari kenalan orang Jepang, ternyata jawaban itu benar. Sumangka + garam, rasa manis akan bertambah. Film horror sendiri, katanya hanya merubah susana, karena takut, maka akan mersa sejuk. *wah saya sih anti nonton film horror* Kekekekekeke ..... Ada-ada saja. Semua benar-benar dipikirkan.
Yang paling saya suka adalah seragam siswa Jepang. Tidak seperti di Indonesia, setiap musim berganti seragam mereka pun berubah. Menyesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung, jadi kenyamanan siswa sangat diperhatikan.
Mengenai musim panas tahun ini *baru-baru mulai sih*, kata beberapa kenalan saya yang berasal dari Jepang, musim panas akhir-akhir ini sering turun hujan yang sifatnya mendadak, hampir sama dengan musim kemarau di Indonesia *mungkin pengaruh pemanasan global*
Jika masalah suhu ada kenalan juga yang mengatakan 夏は 蒸し暑いです。(musim panas, panasnya pengap.) *sepertinya tips saya untuk menghadapi panas bisa dicoba. Kekekekekeke
Cukup sampai disani informasi yang saya ketahui dan bagikan tentang Natsu di Jepang, jika ada informasi yang salah mohon maaf ya...
Semoga posting ini bermanfaat.
Jika ada yang pernah menikmati musim panas di Jepang, bisa ditambah infonya melalui komentar. Doumo.
^oo^

Referensi:

33 komentar:

  1. baru ikut, musim panas di singaraja -_-
    Indonesia patut mncontoh ini, g ad slah.a mungut yang baik...
    jgn gengsi:D
    yg ini bs ditiru bkan "yang lain" yg bs bkin fanwar ky BB/GB
    #curhat
    /yah ngrti lah mksd saya/
    klo engga dngrti2in ajh
    *loh?--

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, tapi di indonesia harus bisa tujukin jati diri dengan budayanya sendiri dulu deh. Kekekekekeke
      Terima kasih sudah berkunjung.
      ^oo^

      Hapus
  2. jadi pengen menikmati liburan musim panas di jepang nih :)

    BalasHapus
  3. pengen dounk ngarayain natsu matsuri d Jepang... :D

    BalasHapus
  4. けっこうおもしろい~!
    pengen banget cuaca indonesia kayak jepang hahaha~

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe neechan, blogku di komen juga, doumo.
      Cukup sudah terima 2 musim aja gak lebih
      ^oo^

      Hapus
  5. wahhh wajib dicoba semangka+garam, bagi temn2 yang pengen nyoba itu juga ambil di kost virgo ya, katany mau bagiin gratis :D

    BalasHapus
  6. aku suka Hanabi di musim panas hehee...^-^

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. otak dongo aja sok2an, pengen ke jepang

      Hapus
  8. boleh kasi link dorama yg bertema natsu matsuri nggak min?
    ^&^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kekekeke, adaada. Pernah nonton dorama remaja Sprout. Nuansa musim pnas banyak disana. Coba tanya om google ya.
      Terimakasih sudah berkunjung
      ^oo^

      Hapus
  9. Musim panas taon depan ayoo kita pergii ke Jepang yukk .. haaa.. ngayal...

    BalasHapus
  10. super sekali..
    bagaimana dengan di Indonesia???

    BalasHapus
  11. wahh... tar mau coba ahh makan smangka pake garam..
    hehee... ;)

    BalasHapus
  12. Yang paling keren seragam musim panas dijepang ;;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ewean sama saya nanti di kasih seragam musim panas

      Hapus
  13. Ternyata musim pancaroba ngga cuma ada di Indonesia, tapi udah nyampe Jepang juga sekarang...ckckck
    mudah-mudahan musim paceklik cuma ada di Indonesia aja, hehehe
    39 infonya,

    BalasHapus
  14. yang paling seru pas natsu itu adalah matsuri nya yang ga ada dimana-mana selain di jepang, kekeke

    BalasHapus
  15. kayak'a seru tuhh liburan musim panas di Jepang...:)

    BalasHapus
  16. Tips yg bagus, Semangka sama garam kan bikin tambah manis, kalo semangka sama gula merah?? gmn? semakin maniskah? bisa dicoba untuk menghadapi cuaca panas di Singaraja.kekeke

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa? kamu bunuh orang? manis bgt kalau masuk surga kekekekeke.
      maaf mungkin bisa coba duluan.
      Terimakasih sudah berkunjung.
      ^oo^d

      Hapus
  17. ayooo kita sama" k jepang untuk merasakan musim panas disana..

    BalasHapus
  18. yang menarik semangka + garam jadi lebih manis pengen banget nyoba... hehehe...

    BalasHapus
  19. Klo libur musim panas gitu karyawan kantor libur ga ya ? Haha
    Trus klo pas ada perayaan gitu apa libur juga karyawannya ?

    BalasHapus
  20. Klo libur musim panas gitu karyawan kantor libur ga ya ? Haha
    Trus klo pas ada perayaan gitu apa libur juga karyawannya ?

    BalasHapus
  21. Liburan musim panas dsana berarti pas peertengahan musim panas sampek akhir musim panas ya?berarti setelah itu pas masuk sekolah udah masuk awal musim gugur gak?

    BalasHapus
  22. Orang jepang itu klo libur musim panas keluar negeri. Kta malah mw pergike jepang gmnsihh... hahaha...

    BalasHapus
  23. Saya berharap banyak gambarnya ternyata gak ada 😥

    BalasHapus